Sabtu, 03 Agustus 2013

Me Vs Diet, Itu Dulu...

Mungkin ada yang bertanya kenapa judulnya gitu?
Kesannya kok kaya musuhan gitu yak..
Hhehehehee....



Saya sendiri sebenernya bingung kenapa bikin judul begitu,
hahhahhaa,nggak dink..
Judul itu mengacu pada pengalaman saya dengan diet jaman dulu..

Waktu belum tau #Nutrishake
Waktu belum tau #dBCNetwork
Waktu Belum tau #WellBeingClub #FitBerduit

Yups...
Jaman dulu dietnya saya hanya sebatas pengetahuan instan hasil dari browsing cara dietmya aja..
Niatnya pengen kurus,gitu doank...
Gak tau soal BMI
Gak tau soal RoadMap Plate Model
Gak tau mana makanan yang kalori rendah,kalori tinggi
Gak tau soal Glikemik Indeks...
Diet pun sebatas diet,olahraganya males..

Alhasil,ya begini...
karna diet pu setengah-setengah,badan saya pun mengalami pemekaran (kaya kecamatan aja ya,hihiihiii...)
Lambat Laun berasalah betapa beratnya badan ini..
nafas sering sesek
emosi naik turun
sakit kepala
dan yang paling bikin saya gak tahan adalah cepet ngantuk di pagi hari,tapi gak bisa tidur malemnya..

Sampaaaaiii.. ada yang order Nutrishake sama saya,
(saya waktu itu belum kepikir mau konsumsi Nutrishake,karna masih berpikir mahal booooo...)
Kalo order Nutrishake pertama kalinya kan dapat Buku Panduan yah kitanya..
Nah,disitulah saya mulai baca-baca..

Yang saya temukan adalah cepet capek,lemes,sesak nafas,emosi yg naik turun,sakit kepala.. disebabkan karna gaya hidup dan pola makan saya yg salah. Saya akui,saya kalo lagi mau makan ini ya saya makan ini,pengen makan itu ya saya cari itu... yang akhirnya berimbas pada tubuh saya.

Akhirnya dengan izin suami,saya orderlah si Nutrishake ini..
Awal konsumsi,saya sudah merasakan enak di tubuh setelah minum Nutrishake,
Badan gak cepet capek..
Sayangnya karna nggak terartur ngikutin panduannya,masih sering tergoda gorengan dan mie tek-tek langganan,ya gak berpengaruh sama berat badan.heehhehee..

Sampai akhirnya,datang email dari mbak nadia Meutia buat semua Leader d'BC Network,bahwa beliau mau ngadain WellBeing Clubnya d'BC Network. Waaawww.. Luar biasa girangnya saya (*yang ini lebay). Begitu dibuka pendaftarannya,saya langsung daftarrr...dan yippie,saya ada dalam list yang resmi jadi member WellBeingClub FitBerduitnya d'BC Network.

Sempat miss tugas pertama karna sedang mudik dan takada akses internet. tapi gak lagi miss setelah itu,karna tugas-tugas itu selalu kasih saya pelajaran baru soal diet. Yang aling "nonjok" tugas waktu suruh ngitung berapa BMI dan BMR saya sebelum program dimulai.Ternyata sodara-sodara,BMI saya >30,yang artinya saya sudah sangat obesitas dan perlu mengganti pola makan saya. jadi inget Mbak dari Bapak saya kena stroke,adek bapak saya juga sudah kena stroke,mamak saya belakangan gula darahnya naik... Ha... itulah yang membulatkan tekad saya buat semangat ngikutin program diet bareng kawan-kawan di WellBeingClub d'BC Network.

Ada juga tugas ngitung kebutuhan kalori tubuh kita,sesuai umur,berat badan,tinggi badan. karna sebetulnya asal diet dengan mengurangi makan aja,tanpa ngitung cukup nggaknya asuan gizi yang masuk ke tubuh kita,malah bahaya nantinya.. bisa malah jadi kurang gizi loh.

Tambah pengetahuan juga soal GI (Glycemic Index), yaitu ukuran kecepatan makanan diserap jadi gula darah. Makin rendah makin bagus buat tubuh kita. karna artinya makanan diserap jadi gula darah secara perlahan oleh tubuh kita. itu yang bikin kita jadi gak cepet capek,tubuhpun jadi lebih lama berenergi. Kalo makanan yang bernilai GI tinggi kan kitanya jadi cepet capek,cepet laper lagi.. alih-alih mau nurunin badan,karna kelaperan malah jadi balas dendam makannya..

Nah,disitulah fungsinya Nutrishake,selain bikin kita gak cepet laper karna mengandung serat,kalo kita laper pun,Nutrishake bisa jadi cemilan pengganti yg lebih sehat. karna mengandung hanya 70kal/porsi dan bernilai GI 28..

Ditanya apa konsekuensinya kalo saya gak bisa mencapai target. yang pastinya kalo saya "mblenyon" dari yang sudah diprogramkan,harapan saya buat lebih sehat,energi yang stabil ya gak tercapai. Berkeyakinan bahwa keberhasilan saya di club ini kan gak semata-mata saya saya nikamtin sendiri yak. Pastinya aktifitas seharian pun gak masalah,main sama anak lebih menyenangkan karna badan fit,energik,mau jungkir balik juga oke.. eh,ya jangan segitunya dink. Bonus buat suami kaaaaaaann,kalo badan saya dari langsung berubah jadi langsing... hahay.=P

Ohya.. Bonus yang lain,sesuai namanya dooonk... FitBerduit,yups..
Badan sehat kantong tebel.. kita gak lagi bisa bantu orang lain dari 1 aspek,misalnya "saya bantu tenaga aja","saya bantu donasi aja".. ato "saya bantu doa aja" =P
Berharap semua yang saya dapet dari WellBeingClub ini bisa saya gunakan buat bantu orang lain,tiga-tiganya yaa.. Insyaallah..
berusaha supaya hidup kita bermanfaat maksimal...

Ditanya progress (siapa sie yang nanya mulu? Kegeeran =P)..
dalam 3 minggu saya berhasil turun 3kg.. bukan nilai yang besar memang.
tapi kalo balik mengingat riwayat diet saya tadi,ini adalah prestasi buat saya
Well Done,Dini (*tepuk pundak sendiri),heheheee.. Penghargaan buat diri sendiri itu perlu loooh..

Begitulah,saya yang tadinya gak pernah sukses berdiet,malah nambah berat badannya...
sekarang sudah mulai tau gimana caranya menurunkan berat badan yang benar.
Yaitu dengan berpola hidup sehat,tetep olahraga minimal 30 menit setiap hari,cukup tidur,minum air putih jangan lupa,dan Cukup makan,gak perlu berlebih,sesuai dengan kebutuhan kita,dan tetep dengan gizi yg lengkap.. Pake Nutrishake tentunya..


Me Vs Diet, itu dulu...
- Dini -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar